Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 03 April 2014

SENSOR ULTRASONIK



Ultrasonik atau Gelombang Matahari merupakan Gelombang terbesar yang tidak pernah habis meskipun dimanfaatkan berulangkali
Kita sebagai generasi Technokrat harus mampu memanfaatkan energi itu agar bermanfaat bagi kemaslahatan umat :-) karena sebaik-baik orang adalah orang yang dapat bermanfaat bagi semua orang bukan dapat dimanfaatkan oleh semua orang hlo :D
Pada kesempatan kali ini agan-agan semua akan saya ajak untuk mempelajari dan mendalami. Apa sih Sensor US itu?Bagaimana cara memanfaatkannya..dan bla..bla..
Wis..Gag usah banyak CING-CONG..Check This Out !!!Must Be Smart!!!

Pengertian Sensor Ultrasonik

Apa itu US???

US merupakan nama populer dari Sensor Ultrasonik, Sensor ini bekerja dengan cara memancarkan suatu gelombang dan kemudian menghitung waktu pantulan gelombang tersebut.

Bagaimana Sensor US bekerja?

Gelombang ultrasonik bekerja pada frekuensi mulai 20 kHz hingga sekitar 20 MHz. Frekuensi kerja yang digunakan dalam gelombang ultrasonik bervariasi tergantung pada medium yang dilalui, mulai dari kerapatan rendah pada fasa gas, cair hingga padat.Secara matematis gelombang ultrasonik dapat dirumuskan sebagai berikut :
S = 1/2.v.t


Aplikasi Sensor US
Ada banyak sekali aplikasi yang bisa diterapkan menggunakan komponen ini
Mau tau aja apa mau tau banget??? wkwkwkwk..
Nyooohhhhhh...Tak turuti panjalukmu :D
Tapi Video aja ya, kalo tulisan nanti kamu semakin bingung ..hahaha..untuk tulisannya???kalo udah paham kali ya..nanti kalo anda bingung saya berdosa to ya..membuat orang bingung itu sesuatu hal yang tidak baik

Yang pertama ...Terenggggggggggg..


Mengukur Jarak dengan sensor ultrasonic HC-SR04




Yang kedua...Jangan lupa dipraktekkan..Moga-moga agan semua pada bisa :v :v Amin


Alat Bantu Tunanetra Ultrasonic Bolabot


Belum Puas..Call me !!!
wkwkwkwk..
Hmm..Gue tambahin deh gan :D
Dengan Ultrasonik RADAR


Bonus bagi agan-agan :D

Next..Oh..NO..Teh Lats kayaknya..Eh bukan The Last in this articel about US..Hmm..Sedih rasanya..LOh!!!, hahaha..Saya sedih bukan karena kita sudah sampai di akhir articel ini, but saya itu sedih karena bagian ini adalah bagian yang tersulit dari hidup saya..Ha?..No..No..bukan..hehe (ni, admin stress kali ya. Ngomong, ngomog sendiri dijawab sendiri..Hadeh)..Maklum lah orang stres, sedih, bingung kalo digabung ya begini :D :-) :p :v -_- :o
Langsung aja deh, Jujur saya bingung ide pengembangan dari articel ini itu apa?Makanya saya menulis curcol saya disini.. hikhikhik..
Tapi aku harus kuat.. AKU RAK  POPO !!!

Berusaha..

Cling, akhirnya dapet ide..Ehmm..Ide apa ya?

(Loh gimana to?katanya udah cling?)
Hehe..ah yawis ah, tak uaaangggkappke wae pikiranku ..mbuh iki ide edan opo


Ide Pengembangan

Alat ini kelak akan saya namai "Bat Ultra Sensor" alias BUS. Model ini dibuat dengan prototype robot yang dibenamkan oleh sensor ini. Sehingga robot kelelawar ini benar-benar memiliki fungsi yang sama seperti hewan kelelawar. Robot ini bisa digunakan untuk penunjuk jalan seorang pendaki/pemburu/profesi lain yang berhubungan dengan kegelapan :D , karena memiliki sensor ultrasonik yang dapat mendeteksi keadaan didepannya.

Referensi Artikel :
http://xsensor232.blogspot.com/2011/05/sensor-ultrasonik.html
http://arifse.blogspot.com/

Referensi Gambar:
http://atmelmikrokontroler.files.wordpress.com/2009/06/sensor_ultrasonik1.jpg?w=344&h=178
http://www.euclidres.com/motionSensors/ultra.gif 




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fajar Setiawan Site - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Fajar Setiawan -